• Breaking News

    Sistem Pengajaran


    Pondok Pesantren Darul Abror merupakan jenis lembaga pendidikan Islam yang bersifat tradisional. Pondok Pesantren ini merupakan suatu komunitas dimana kyai, ustdz, santri dan pengurus hidup berama dalam satu lingkungan, yang  berbeda dengan pendidikan formal.
    Adapun sistem pendidikan di Pondok Pesantren Darul Abror sebagai berikut:
    1. Sistem Madrasah Diniyah
    Madrasah Diniyah terdiri dari sepuluh  kelas yaitu Ibtida A, B, C, D dan E, F  kelas 1 A dan 1 B, kelas 2 dan kelas 3. Untuk santri yang telah lulus dari kelas tiga (pasca madin) tetpa diwajibkan ikut mengaji di kelas 3 madin. Hal ini dikarenakan jumlah dari santri pasca madin yang sedikit.  Jam pelajaran madrsah dimulai setiap ba’da isya pada pukul b20.30-21.30.
    1. Sistem Sorogan
    Sorogan yakni pembelajaran di mana santri membaca maupun menghafalakan kitab di depan ustadz atau ustadzah untuk dikoreksi kesalahanya oleh ustadz atau ustadzah tersebut. Kegiatan dilakukan setiap ba’da subuh dan  maghrib. Adapun jadwal sorogan akan dipaparkan sebagai berikut:

    Hari
    Kitab
    Kelas
    Waktu
    Setiap hari kecuali Jum’at
    Al-Qur’an
    Ibtida
    Ba’da Subuh
    Senin
    Jurmiyah
    Imrity
    1
    2
    Ba’da Subuh
    Ba’da Maghrib
    Selasa
    Jurumiyah
    Imrity
    1 dan 2
    Ba’da Subuh
    Rabu
    Safinah
    1
    Ba’da Subuh
    Kamis
    Safinah
    1
    Ba’da Subuh
    Jum’at
    Jurmiyah
    Imriti
    Alfiyah
    1
    2
    3
    Ba’da Subuh
    Ba’da Subuh
    Ba’da Subuh
    Sabtu
    Al-Qur’an
    1
    Ba’da Subuh

    1. Pengajian Bandungan
    Yaitu kegatan mengkaji kitab dengan cara ustadz membacakan kitab dan menjelaskan maksudnya sedangkan santri cukup mendengarkan dan menulis maknanya pada kitabnya (ngabsahi).
    1. Pengajian Pasaran
    Pengajian ini digelar setiap bulan Ramadhan dengan Kitab yang telah ditentukan oleh Pengasuh. Setiap santri diwajibkan mengikuti pengajian ini tanpa terkecuali. Dalam sistem ini tidak ada pembentukan kelas. Semua santri mengaj bersama dengan kitab yang sama. Pada bulan Ramdhan pembacaan kitab dipimpin oleh pengampu dan juga ustadz-ustadz yang telah diizinkan oleh pengasuh. Di samping di bulan Ramadan sistem ini juga diberlalukan setiap malam Rabu ba’da Maghrib di aula utama Pondok Pesantren Darul Abror.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728